Kamis, 29 Desember 2011

Darul Muttaqin Pelajari Sistem Assalaam



Pondok Pesantren Darul Muttaqin Bogor kemarin Selasa (27/12) melakukan studi banding di Pondok Pesntren Modern Islam Assalaam. Tujuan utama studi banding ini adalah untuk mempelajari sistem pendidikan, kurikulum, dan keorganisasian di PPMI Assalaam untuk digunakan dan dipraktekkan di Pondok Pesantren Darul Muttaqin.

Rombongan terdiri dari 40 orang santri Organisasi Pelajar Darul Muttaqin (OPDM) dan 10 orang asatidz ini tiba di kompleks barat PPMI Assalaam saat fajar menyingsing sekitar pukul 04.30 WIB. Rombongan ini disambut dengan hangat oleh Bagian Humas, Pengurus Harian, dan Kabag OP3MIA yang kemudian langsung menunjukkan arah masjid, ruang transit, dan kamar mandi.

Acara penyambutan secara formal dimulai pukul 07.30 WIB bertempat di Kantor Assalaam Lt. 2. Diawali dengan pemutaran profile video PPMI Assalaam, kemudian sambutan singkat dari Kepala Kesantrian Putra PPMI Assalaam, Ust. Trisnojoyo Khottob, S.Ag. dan perwakilan Mudir Pondok Pesantren Darul Muttaqin.

Acara dilanjutkan dengan presentasi sistem pendidikan dan keasramaan oleh Kepala Kesantrian Putra. Dalam sesi ini Ust. Trisnojoyo menjabarkan dengan jelas sistem KBM di seluruh unit PPMI Assalaam, sistem keasramaan, dan bagaimana kegiatan sehari-hari santri Assalaam.

Di sesi tanya jawab para asatidz Pondok Pesantren Darul Muttaqin dan PPMI Assalaam berdialog masih seputar pendidikan di Assalaam yang diikuti dengan anggukan para asatidz. Semua komponen studi banding memahami bahwa setiap lembaga pendidikan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Maka dari itu diperlukanlah take and give.

Usai penyambutan secara formal, semua tamu kunjungan dan tim penyambut keluar gedung kantor kemudian berfoto bersama di depan Assalaam Center. Setelah itu tamu kunjungan yang sebagian besar pengurus OPDM bertukar pengalaman (sharing) dengan berdialog dengan pengurus OP3MIA. Tensi suasana pun menurun menjadi hangat, tidak lagi tegang seperti ketika di acara formal tadi.

Pengurus OP3MIA mengajak jajaran OPDM berkeliling melihat kompleks PPMI Assalaam. Di sepanjang jalan kami berdiskusi banyak mengenai organisasi. Kami berpencar menurut bagian masing-masing. Bagian-bagian di OPDM itu antara lain: Bagian Kedisiplinan, Kesehatan, Bahasa, Kesenian, Komas, dan Olahraga.

Kami pun bertukar banyak pengalaman, utamanya penyelenggaraan event. Banyak sekali yang kami ceritakan kepada OPDM agar kemudian menjadi bahan pertimbangan di pihak OPDM.

Usai berkeliling, sekitar pukul 09.00 WIB tamu kunjungan mohon diri meninggalkan PPMI Assalaam untuk kunjungan berikutnya menuju Pondok Pesantren Modern Darussalaam Gontor. Kami pun melepas kepergian mereka dengan berat hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Your comment is not allowed if contains SARA (racialist and religion)