Rabu, 28 Desember 2011

About OP3MIA


OP3MIA adalah organisasi pelajar di PPMI Assalaam yang dikelola oleh santri kelas XI MA/SMA/SMK dan beberapa santri kelas X MA/SMA/SMK. Beranggotakan santri yang duduk di kelas VII, VIII, IX MTs, dan X SLTA.

Tujuan utama dibentuknya organisasi ini adalah untuk membantu Mudir Ma’had menjalankan seluruh disiplin pondok yang berlaku. OP3MIA berhak mengatur dan mengurus santri berdasarkan Tata Tertib Santri (Tibsar). Tibsar ini wajib ditaati oleh seluruh santri Assalaam dengan pengawasan ketat dari pengurus OP3MIA dan asatidz serta direktorat.

Secara struktural, OP3MIA berada di bawah kendali Kesantrian Putra yang dikepalai oleh Ust. Trisnojoyo Khottob, S.Ag. Organisasi ini dibagi menjadi 16 bagian menurut spesialisasi tugasnya. Pengurus ini dipilih melalui serangkaian tes yang ketat oleh asatidz dan dikategorikan menurut minat dan bakat masing-masing individu.

OP3MIA memiliki 148 pengurus dari seluruh penjuru Indonesia yang tersebar di bagian masing-masing. Anggota OP3MIA sekitar 1100 orang, yaitu seluruh santriwan PPMI Assalaam.

OP3MIA bertanggung jawab penuh atas akhlaq santri, perkembangan pengetahuan santri, hingga jalannya disiplin santri sehari-hari. Organisasi ini bekerja 24 jam 7 hari tanpa henti, tidak seperti organisasi siswa di lembaga lain, OSIS misalnya. Dalam OSIS bila pengurus telah mencopot seragamnya otomatis jabatannya juga lepas sementara. Berbeda dengan OP3MIA, walaupun pakaian sang ketua OP3MIA kaos, sarung, berpeci namun hak, kewajiban, dan tanggung jawabnya tetaplah ketua OP3MIA. Inilah yang menjadi ciri khas organisasi di PPMI Assalaam.

Selain itu, organisasi yang diakui di PPMI Assalaam hanyalah OP3MIA. Organisasi lain seperti angkatan dan konsulat tidaklah resmi di Assalaam. Inilah yang menambah kejayaan dan eksisnya wewenang OP3MIA.

Tahun ini, OP3MIA periode 2011/2012, diorganisir oleh angkatan ke-26 Assalaam. Sedangkan masa jabatannya adalah satu tahun dihitung sejak terucapnya sumpah pelantikan. OP3MIA sekarang sendiri telah dilantik pada 5 Mei 2011 yang berarti juga harus mengakhiri jabatannya pada 5 Mei 2012.

OP3MIA tahun ini memiliki komitmen “Tidak Ditradisikan, dan Tidak Mentradisikan.” Maksudnya adalah janji kepada almamater untuk tidak mentradisikan hal-hal berbau jahiliyah kepada generasi penerusnya serta tidak meneruskan warisan segala hal jahiliyah dari tahun-tahun sebelumnya.

Inilah bagian-bagian di OP3MIA:

1. Pengurus Harian (General Manager), bertugas menjamin kinerja dan akhlaq OP3MIA keseluruhan.
2. Bagian Kesenian dan Keterampilan (Art and Skill Section), bertugas mengembangkan seni di Assalaam.
3. Bagian Koordinator Gerakan Pramuka (Scout Section), bertugas memajukan kegiatan kepanduan dan koordinator lomba.
4. Bagian Pendidikan dan Pengajaran (Education and Instruction Section), bertugas menjaga akhlaq santri Assalaam.
5. Bagian Keamanan (Security Section), bertugas mendisiplinkan santri berdasarkan Tibsar.
6. Bagian Olahraga (Sport Section), bertugas memajukan keolahragaan di Assalaam.
7. Bagian Penegak Bahasa (Language Improvement Section), bertugas menegakkan penggunaan bahasa asing.
8. Bagian Hubungan Masyarakat (Public Relation Section), bertugas memaksimalkan relasi dengan pihak luar pondok.
9. Bagian Ta’mir Masjid dan Informasi (Masjid Organizer dan Information Section), bertugas memakmurkan masjid Assalaam.
10. Bagian Penerbitan (Publishing Section), bertugas menerbitkan karya hasil kreativitas santri melalui majalah dan bulletin.
11. Bagian Penelitian dan Pengembangan (Research and Development Section), bertugas melakukan penelitian dan mengelola perpustakaan serta klub astronomi.
12. Bagian Asrama 2 (2nd Dormitory Section), bertugas mendisiplinkan asrama 2 santri baru.
13. Bagian Asrama 3 (3rd Dormitory Section), bertugas mendisiplinkan asrama 3.
14. Bagian Asrama 4 (4th Dormitory Section), bertugas mendisiplinkan asrama 4 asrama khusus.
15. Unit Kegiatan Santri (Student Activity Section), bertugas mengawasi ekstrakurikuler di Assalaam.
16. Bagian Manajemen Organisasi (Organization Management Section), bertugas mengkoordinir organisasi di bawah naungan OP3MIA seperti OSIS MTs dan konsulat.
17. Bagian Pelestarian Lingkungan dan Kesehatan (Environment and Health Section), bertugas melestarikan lingkungan dan menjaga kebersihan.

Menengok ke kegiatan OP3MIA, organisasi ini selalu menyelenggarakan acara setiap Kamis malam Jumat di PPMI Assalaam dengan suguhan acara yang menarik dan tentunya menyenangkan sebagai refreshing kepenatan santri beraktivitas selama sepekan. Belum lagi kegiatan insidental lain dari berbagai bagian, misalnya: Artmosphere, Kursus Mahir Dasar Pramuka, Lomba Muhadhoroh Akbar, Assalaam Super League (ASL), Arabic Band Contest, English Contest, Fashion Show, Musabaqoh Hifdzil Quran, Galeri Fotografi, Astronomy Day, Bakti Sosial, Festival Khatulistiwa (festival budaya dan seni di Assalaam), Green Day, dan masih banyak lagi.

Belum lagi acara terbesar tahunan yang rutin diselenggarakan yakni Pekan Olahraga Santri Assalaam (POSA) selama satu pekan. Hingga saat ini POSA telah mencapai POSA XXIV, telah terlaksana bulan Oktober 2011 kemarin. Acara ini melupakan acara besar OP3MIA yang menelan dana hingga 28 juta.

Selain itu acara besar tahunan lainnya yang akan diselenggarakan adalah Pesantren Expo (nama belum final) pada bulan Maret 2012. Di acara ini akan dibuka lomba-lomba setingkat SMA se-eks Karesidenan Surakarta beserta pameran-pameran dan bazaar. Tak hanya itu di akhir pekan Pesantren Expo akan digelar Panggung Gembira (PG) persembahan terbaik dari santri Assalaam sebagai bentuk apresiasi bakat seni mereka.

2 komentar:

  1. wah, sekarang konsulat bukan organisasi resmi ya., padahal jaman saya dulu konsulat dilantik dan bekerja dibawah payung hukum SK (surat keputusan) yang ditandatangani ketua OP. konsulat adalah organisasi resmi yang dibawahi OPPPMIA, dan fungsinya membantu koordinasi santri daerah sekaligus penghubung silaturrahmi santri dengan MPP daerah. apa sekarang sudah tidak seperti itu ya?

    BalasHapus
  2. kalau organisasi angkatan memang sejak dulu tidak resmi, bahkan waktu jaman (alm) ust. Budi Prasetyo sebagai kepala kesantrian sempat dilarang karena secara terang-terangan ataupun terselubung kegiatannya sering bertentangan dengan OPPPMIA (kompak-kompakan, saling menjatah sebagai jasus, barter, dll sehingga dianggap merusak jalannya proses pembelajaran dan penegakan kedisiplinan). jaman itu organisasi angkatan dan segala kegiatannya adalah ilegal

    berjuang terus OPPPMIA!!, semangat dan selalu asah kreatifitas.

    pengalaman di assalaam, dan OP khususnya sangat bermanfaat kalau sudah hidup di luar nanti.

    BalasHapus

Your comment is not allowed if contains SARA (racialist and religion)