Selasa, 31 Januari 2012

Story 'bout Comparative Study


Ini dia ceritanya pas OP3MIA lagi studi banding ke Tangerang, Bogor, then Bandung. See this!

Senin, 9 Januari 2012
Hari itu adalah hari keberangkatan para peserta Comparative Study. Seluruh peserta yang akan mengikuti kegiatan ini berkumpul di depan gedung Assalaam Center tepat pada pukul 07.00 WIB. Setelah berkumpul, para pengurus OP3MIA berbaris dengan rapi menurut bagian masing-masing.
Mudir Ma’had pun memberi sedikit pengarahan mengenai apa yang harusnya dilakukan oleh pengurus OP3MIA, serta memberi wejangan untuk tetap menjaga nama baik pesantren karena pengurus OP3MIA kali ini sedang membawa nama baik almamaternya, yakni PPMI Assalaam.
Usai Mudir memberikan nasehatnya, tibalah saatnya Kepala Kesantrian Putra, Ust. Trisnojoyo Khottob, S.Ag. menyampaikan pesan-pesannya yang tidak jauh-jauh dari apa yang disampaikan oleh Mudir. Beliau mengingatkan kepada seluruh pengurus agar tetap menjaga sikap serta peringatan untuk tetap berbahasa asing. “Apabila tidak bisa berkata baik, maka hendaklah diam.” Begitulah sepatah kata yang kami ingat dari beliau.
Setelah itu, Ketua dan Sekretaris OP3MIA memberikan beberapa patah katanya serta pelaksanaan teknis dari Comparative Study ini. Kemudian dilanjutkan foto-foto per bagian dengan background Assalaam Center dan bendera merah putih.
Setelah menunggu lama, akhirnya bus yang diharapkan pun datang juga pada pukul 08.30, padahal dijadwalkan pukul 07.00 sudah harus berangkat dari PPMI Assalaam. Seluruh peserta pun masuk ke dalam busnya masing-masing.

Pukul 09.00 bus berangkat menuju Semarang, dan tiba pukul 11.30 di Masjid Agung Semarang untuk transit sholat serta makan siang bekal dari pesantren. Di sana kami menikmati indahnya bangunan Masjid Agung.
Tepat pukul dua siang kami masuk kembali ke dalam bus untuk menuju ke Museum Ronggowarsito, Semarang. Pukul tiga sore kami tiba di sana, padahal dijadwalkan pukul Sembilan pagi sudah harus tiba di museum tersebut. Museum yang dipesan pun berbeda. Dijadwalkan Museum MURI namun yang dituju malah Museum Ronggowarsito.
Museum tersebut memiliki 4 gedung pameran yang terdiri dari dua lantai. Museum ini memiliki 68.000 koleksi yang tersebar di penjuru gedung. Di museum, kami mengamati dan belajar tentang segala sesuatu yang ada di masa lalu. Ada banyak hal di sana, antara lain: Gulungan Gombangsari, fosil, batuan alam/meteorit, patung-patung, replika manusia purba, miniatur candi, serta diorama perjuangan-perjuangan pahlawan masa lalu.
Pukul 15.30 kami meninggalkan museum ini. Perjalanan dilanjutkan menuju ke Tangerang. Namun sebelumnya kami transit di RM. Kurnia Jati Kendal untuk sholat, makan malam, serta mandi. Kami tiba di tempat ini pukul 16.30.
Setelah puas ishoma, pukul 18.30 kami meninggalkan rumah makan serta bersegera menuju bus untuk melanjutkan perjalanan ke Tangerang.
Kami tidur malam di bus.

Selasa, 10 Januari 2012
Setelah 10 jam perjalanan, kami tiba di peristirahatan tol Cikampek, Jakarta pada pukul 04.30. Kami mendirikan sholat shubuh di sana.
Kemudian kami melanjutkan perjalanan menuju Masjid Istiqlal untuk transit mandi. Selama perjalanan kami terjebak oleh macetnya Jakarta yang masya Allah sangat menggila. Kami pun tiba di Masjid Istiqlal pukul tujuh pagi.
Setibanya di Istiqlal, kami sarapan dan mandi di dalam kompleks Masjid. Usai persiapan, pukul 08.00 kami meninggalkan Masjid Istiqlal dan mulai menuju Pasir Gintung, Tangerang, untuk studi banding di Ponpes Daar El Qolam.
Rombongan sempat salah jalan di daerah Ciputat, Jakarta. Bencana ini diperlengkap dengan tradisi macet di Jakarta yang menyebalkan. Karenanya rombongan kami baru tiba di Ponpes Daar El Qolam pukul 13.00. Padahal dijadwalkan tiba di Ponpes Daar El Qolam pukul tujuh pagi.
Setibanya di Darco (nama keren Daar El Qolam), kami mendirikan sholat berjamaah Dzuhur Ashar jama’ qoshor. Pukul 13.45 mulailah acara penyambutan secara formal oleh jajaran pengurus organisasi santri dan asatidz di aula pertemuan. Rombongan besar Assalaam disambut dengan hangat oleh Kyai Ponpes Darco yang turut hadir dan memberikan nasehatnya.
Pukul 15.00 kami berkeliling kompleks Darco dipandu dengan pengurus santrinya yang mayoritas kelas 6. Kami berpencar sesuai dengan bagiannya masing-masing. Kami bertukar informasi seputar sekolah, organisasi, dan pengalaman lainnya.
Pukul 16.30 kami naik bus kembali dan meninggalkan Darco. Di dalam bus kami menikmati santap siang yang disediakan oleh biro. Kami meluncur menuju Bogor untuk berkunjung ke Ponpes Al Kahfi.
Rombongan OP3MIA tiba di Ponpes Al Kahfi pukul 22.00. Padahal dijadwalkan pukul 15.00. Kami disambut dengan senang hati oleh segenap pengurus OSPETA (Organisasi Santri Pesantren Terpadu Al Kahfi), serta jajaran asatidz. Kami pun sharing tentang organisasi di dalam masjid pesantren.
Pukul 23.30 kami rasa kunjungan kami telah cukup. Kemudian kami melaksanakan sholat Maghrib dan Isya secara berjamaah jama’ qoshor di lokasi yang sama. Lalu, pukul 24.00 tepat, rombongan kami meninggalkan Ponpes Al Kahfi dan menuju penginapan di Bandung.
Kami tidur malam di bus.

Rabu, 11 Januari 2012
Kami tiba di penginapan pukul 04.00 pagi. Di mana seharusnya dijadwalkan pukul 20.00. Tibanya kami di sana, kami menyantap makan malam bersama di restoran penginapan tersebut. Setelah itu kami sholat Shubuh dan beristirahat dengan tenang.
Di pagi harinya, sebagian santri ada yang berenang di kolam penginapan, sebagian ada yang menikmati indahnya pemandangan kota Bandung, namun tak sedikit juga yang masih terlelap di kamar. Sarapan pun dihidangkan pukul 09.00 pagi.
Kami meninggalkan penginapan pukul 10.30 dan menuju ke Cihampelas, yang akhirnya tiba di Cihampelas pukul 11.15. Di lokasi itu kami berjalan-jalan di sepanjang jalan.
Kami meninggalkan Cihampelas pukul 14.00 dan meninggalkan ribuan jejak tak terlihat di sana. Kemudian kami transit untuk makan siang di Ampera Bandung pukul 14.45. Setelah itu, kami melanjutkan perjalanan menuju Trunojoyo pukul 15.30.
Kami tiba di Trunojoyo pukul 16.00. Trunojoyo adalah daerah tempat berkumpulnya distro-distro clothing store Bandung.
Setelah puas jalan-jalan, kami meninggalkan Trunojoyo pukul 18.15. Kami kembali menuju PPMI Assalaam Solo.
Kami serombongan transit di RM. Simpang Raya Sumedang pukul 19.00 untuk santap malam dan menunaikan sholat Isya’ dan Maghrib jama’ qoshor. Kemudian kami melanjutkan perjalanan pukul 20.15 menuju Ma’had tercinta.
Kami tidur malam di bus.

Kamis, 12 Januari 2012
Pukul 04.30 kami berhenti di Masjid Al-Umar, Kebumen untuk menunaikan sholat Shubuh berjamaah.  Kemudian pukul 05.15 kami melanjutkan perjalanan menuju Solo.
Namun di tengah perjalanan kami transit lagi di RM Firdaus, Bantul untuk sarapan dan mandi. Kami tiba di sana pukul 08.00 dan berangkat lagi meninggalkan rumah makan pukul 09.15.
Dengan sangat gembira kami tiba di PPMI Assalaam pukul 11.00 siang. Semoga Allah merahmati perjalanan kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Your comment is not allowed if contains SARA (racialist and religion)